Kamis, 09 April 2020

BETOH SO’ON BONDOWOSO


BETOH SO’ON BENDHEBESA

(THE STONEHENGE VAN JAVA)

 

 

Kita Melancong ke kota Bondowoso yang Berseri. Kota yang terkenal dengan julukan kota Tape yang terkenal manis enak lezat. Dikota bondowoso banyak menyimpan wisata alamnya. Melancong (traveling) menyelusuri desa Cerme disana ada tempat wisata yang unik dan terperanjat keindahannya yang tidak kalah dengan megalitikum  Stonehenge yang berlokasi di Wiltshire, Inggris, dan Carhenge adalah replika Stonehenge Inggris yang terletak di dekat kota Alliance, Nebraska  di wilayah Dataran Tinggi Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri juga sudah ada Stonehenge tetapi merupakan buatan manusia, dan cukup terkenal sebutan Stonehenge Jogja.

 

Kenapa kita harus ke luar negeri jika di Bondowoso Jawa Timur Indonesia. Salah satu wilayah kecamatan paling timur. Ibu kotanya berada di Desa Cerme. Kecamatan ini berjarak 33 Km dari Ibu kota Kabupaten Bondowoso. Di kecamatan ini ada nama desa yang bernama desa Solor. Didesa Solor ini ada tempat wisata unik dan indah Betoh So’on berarti batu yang bersusun. Wisata ini juga disebut Batu Solor berarti wisata ini karena berada di wilayah desa solor kecamatan Cerme kabupaten Bondowoso. Maka orang-orang juga menyebutnya dengan nama Batu Solor.

 

Perjalanan ke tempat wisata Betoh So'on atau Batu Solor ini sangat menantang dan indah melewati perkampungan penduduk, persawahan, dan perbukitan. Kondisi jalan sudah diperbaiki sehingga jalan menuju kesana lumayan nyaman dan pesona alamnya yang begitu indah.

 

Potensi sebagai tempat wisata sangatlah besar. Dimana wisatawan domestik maupun lokal berlomba-lomba ingin tahu betapa cantik dan uniknya. Batu So;on yang bersusun yang sangat indah unik menambah pesona wisata tersebut. Inilah daya Tarik wisatawan domestik maupun lokal menambah pesona keunikan dan pemandangan yang begitu indah tidak kalah luar negeri. Tumpukan batu besar yang tingginya fantastik. Apalagi wisatawan senang berselfi wah begitu cantiknya.

 

Inilah Megalitikum Stonehenge milik Indonesia menjadi kebanggaan kabupaten Bondowoso begitu indah, cantik pasti membuat wisatawan terpesona. Megalitikum Stonehenge Solor desa Cerme Kabupaten Bondowoso propinsi Jawa Timur tidak kalah bagusnya seperti berlibur keluar negeri seperti Megalitikum Stonehenge yang berlokasi di Wiltshire, Inggris, dan Carhenge di dekat kota Alliance, Nebraska  di wilayah Dataran Tinggi Amerika Serikat.




Betoh So'on/ Batu Solor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar